Rabu, 22 November 2017

Pemkab Nias Utara Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 53 Tahun 2017


  1. Nias Utara | JarakPantau.co.id - Pemerintah Kabupaten Nias Utara memperingatan Hari Kesehatan Nasional Ke-53 Tahun 2017 yang difasilitasi melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Nias Utara, Selasa 21/11/2017.

    Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-53 tahun 2017 dengan Tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku“ dimana tema tersebut sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat, karena keluarga kecil juga merupakan inti kesehatan yang memberi dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup yang sehat serta perlu kita membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

    Selanjutnya Bupati  menyampaikan bahwa Program Indonesia Sehat merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target/fokus kepada keluarga berdasarkan data dan informasi data profil keluarga, dan sesuai juga Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan Kabupaten/Kota, selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu dilibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat (Germas) karena dalam mencapai keberhasilan pembangunan kesehatan  serta program-program kesehatan harus dilibatkan semua unsur dalam melaksanakannya.

    Disamping itu juga permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia saat ini yaitu masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular, untuk dalam menyelesaikan masalah ini perlu kita meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang, terutama Dinas Kesehatan dan Puskesmas agar menggerahkan segala potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan  kesehatan sehingga terciptanya masyarakat indonesia yang produktif serta dapat berperan aktif dalam Pembangunan Nasional serta dapat mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa indonesia yang kuat.
    " berharap semoga Peringatan Hari Kesehatan Nasional menjadikan momentum yang meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang sehat dan mampu bersaing dengan Negara-Negara lain"harap ingati

    Dalam mengisi rangkaian acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-53 tahun 2017 tingkat Kabupaten Nias Utara dilaksanakan senam bersama dan beberapa kegiatan lainnya dalam memeriahkan Hari Kesehatan Nasional, sekaligus Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara menyerahkan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat kepada masyarakat Nias Utara dan menyerahkan SK secara simbolis kepada pengurus Forum Anak Nias Utara.

    Turut hadir Wakil Bupati Nias Utara Haogosochi Hulu, SE. MM, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Staf Ahli, Plt. Sekda Nias Utara Drs. Fonaha Zega, M.AP, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Nias Utara, Kepala Bagian Lingkup Setda Nias Utara, Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara Ny. Dermawani M. Ingati Nazara, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Nias Utara, Manager dan Anggota WVI Nias, Pegawai Negeri Sipil dan Non PNS. ( Candra Naz)

Tags :
Komentar

BERITA TERKINI