Rabu, 17 Januari 2018

Dzulmi Eldin : PAUD Menjadi Motor Penggerak Pendidikan Moral Anak

Medan - Diresmikannya PAUD Sampoerna Academy Cabang Sun Plaza Medan diharapkan menjadi motor penggerak pendidikan anak di Kota Medan khususnya pendidikan etika dan moral anak-anak. Anak-anak harus diajarkan agar terus menghotmati orangtuanya.

Harapan tersebut diungkapkan Walikota Medan Dzulmi Eldin usai meresmikan PAUD Sampoerna Academy Cabang Sun Plaza Medan di Lantai 2 Sun Plaza Medan, Selasa (17/1).

Meskipun dalam penerapannya, PAUD Sampoerna Academy Cabang Sun Plaza Medan menerapkan sistem pendidikan yang berstandar internasional, namun tetap harus mengutamakan pola pendidikan moral kepada anak.

“Sekolah di Indonesia boleh-boleh saja menerapkan sistem pembelajar dari dunia internasional, namun harus diingat bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa ketimuran yang masih mengedepankan adat istiadat dalam tata kehidupannya,” kata Walikota Dzulmi Eldin usai prosesi pengguntingan pita yang dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas sekolah dan juga aktifitas anak-anak dalam belajar.

Walikota menginginkan sekolah ini bisa mengkolaborasikan sistem pendidikan yang ada di dunia internasional dengan yang ada di Indonesia, karena bagaimanapun juga sistem pendidikan anak di Indonesia harus tetap mengedepankan adat istiadat yang menjadi ciri khas bangsa kita.

“Sama-sama kita bangun generasi masa depan anak-anak Indonesia dengan sistem dan pola pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan periode tumbuh kembangnya anak,” ajak Eldin didampingi Kadis Pendidikan Kota Medan, Hasan Basri dan Kadis BPMPTSP Kota Medan, Purnama Dewi.

Orang tua murid juga diingatkannya agar tidak melupakan peran sertanya dalam mendidik anak. Menurutnya, meskipun telah menyekolahkan anaknya, tanggung jawab mendidik dan mengajar anak tetap ada pada orangtua, bukanlah guru di sekolah. Walikota meminta orangtua murid yang ada untuk memahami peran serta dan tanggung jawab mereka dalam mendidik anak.

“Sekarang ini banyak yang salah kaprah. Orang tua banyak yang terlalu memaksakan anaknya untuk sekolah padahal belum waktunya. Ketika mereka diusia kanak-kanak, masanya adalah bermain bersama teman-temannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah telah menetapkan usia minimal anak untuk masuk SD adalah 7 tahun,” jelasnya.

Peresmian sekolah tersebut turut dihadiri oleh Direktur Sampoerna Academy DR Mustafa Guvercin, Direktur Sampoerna School System, Elan Merdy, Ketua Pengurus Sampoerna Academy Medan, Mina Angkasa.

Selain itu juga dirangkaikan dengan Talkshow tentang pola pendidikan anak yang menghadirkan Gisella Anastasia dan Emilia Achmadi sebagai narasumber.

Sementara Ketua Pengurus Sampoerna Academy Medan, Mina menuturkan alasan pendirian PAUD ini, karena tingginya permintaan dari orang tua murid yang mempunyai toko di Sun Plaza dan untuk mempermudah orangtua menyekolahkan serta mengawasi anaknya sembari bekerja di sana.(Rendy)

Tags :
Komentar

BERITA TERKINI