Selasa, 17 Juli 2018

Kelurahan Lau Cih Masuk Nominasi Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut

MEDAN - Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan masuk Nominasi Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara 2018. Masuknya Kelurahan Lau Cih dalam nominasi Kelurahan terbaik Sumatera Utara ini setelah menjadi Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Medan tahun 2018.

Atas Nominasi tersebut Kelurahan Lau Cih akan dinilai oleh Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Utara. Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir. H Akhyar Nasution, M.Si yang menyambut kedatangan Tim Penilai Kelurahan Terbaik dari Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Ir. H Aspan Sofyan di Gedung Serba Guna GBKP tepat di depan Kantor Kelurahan Lau Cih, Jalan Bunga Malem VII, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (17/07).

Wakil Wali Kota mengucapkan selamat datang kepada ketua Tim beserta rombongan penilaian Kelurahaan Tingkat Provinsi di Kelurahaan Lau Cih Kecamatan Medan Tuntungan. Tentunya kedatangan Tim Penilai diharapkan dapat memberikan masukan untuk menyempurnakan hal-hal yang dibutuhkan sehingga Kelurahaan Lau Cih dapat menjadi juara dalam perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Sumut 2018.

Dijelaskan Wakil Wali Kota, Kelurahaan Lau cih, selama ini telah banyak menunjukkan eksistensinya sebagai perpanjangan tangan Pemko Medan di tingkat Kelurahan yang mampu terus meningkatkan pelayanan publik ke arah pelayanan prima yang modern. Selain itu Pemerintah Kota juga akan mendirikan Depo BRT di Kelurahan Lau Cih tepatnya di Pasar Induk Tuntungan. Tentunya ini akan semakin membuat Kelurahan Lau Cih semakin Modern.

Selanjutnya dijelaskan Wakil Wali Kota, Kelurahan Lau Cih memiliki Program Unggulan yang penuh dengan inovasi pelayanan dan pembangunan antara lain di bidang pemerintahan, Kelurahan Lau Cih telah menerapkan sistem arsip digital seperti aplikasi Cipacela ( Sistem Pelayanan Cepat Lau Cih) dan Belaci (Becak Layanan Lau Cih). Selain itu dibidang pendidikan dan kesehatan serta ekonomi Kelurahan Lau Cih juga memiliki program yang unggul.

"Untuk itu saya mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja Kelurahan Lau Cih dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Saya nilai Kelurahan Lau Cih layak dan pantas untuk masuk menjadi kelurahan terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara", kata Wakil Wali Kota yang hadir didampingi Camat Medan Tuntungan, Gelora KP Ginting S.STP dan Lurah Lau Cih M. Husnul Hafiz Rambe, S.STP, MAP.

Ketua Tim Penilai Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Ir. H. Aspan Sofyan mengatakan mereka datang untuk mengevaluasi Kelurahan yang terpilih untuk masuk nominasi pada lomba tingkat Provinsi Sumatera Utara dimana kita ingin menghadirkan Kelurahan terbaik yang mampu menjadi teladan bagi kelurahan lainnya.

"Ada 6 Kelurahan di Sumatera Utara yang masuk nominasi Kelurahan terbaik, salah satunya Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan. Kami akan menilai dari Penyelenggaraan Pemerintahan yang transparan dan sistem administrasi yang baik sesuai program Nawacita. Selain itu Inovasi juga menjadi perhatian kita", jelas Ketua Tim Penilai.

Sofyan, menambahkan penilaian Kelurahan terbaik ini menggunakan acuan Permendagri 81 Tahun 2015 dimana hal-hal yang akan dievaluasi berkaitan dengan bidang pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, indikator pelayanan kesehatan, program KB, kebersihan serta partisipasi dan pembinaan masyarakat kelurahan.

"Perlu kami informasikan tingkat kesehatan dan ekonomi masyarakat juga harus menjadi perhatian Kelurahan, sehingga tidak ketinggalan dengan daerah lainnya. Untuk pemenang Kelurahan terbaik tingkat Sumut nantinya akan bertemu Menteri Dalam Negeri sekaligus memperoleh penghargaan. Untuk total hadiah yang diperebutkan adalah berjumlah Rp 100 juta", jelasnya.(Rendy)

Komentar

BERITA TERKINI