Senin, 09 Juli 2018

DPRD Medan Gelar Halal Bihalal

MEDAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan dalam menjalankan fungsinya tak terlepas dari kegiatan sosial termasuk di dalamnya kegiatan sosial keagamaan. Di gedung dewan yang terletak di Jalan Kapten Maulana Lubis no.1 Medan itu, Senin (9/7/2018) dilaksanakan Halal Bi Halal.

Bersama pimpinan DPRD Medan dan anggota DPRD Medan dengan Walikota Medan, wakil walikota Medan, FORKOMIMDA kota Medan, pejabat Pemko Medan, alim ulama, tokoh masyarakat, partai politik, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan wartawan unit DPRD kota Medan, Halal Bi Halal terlaksana penuh kekeluargaan dan persaudaraan.

Sambutan Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, sambutan walikota Medan Djulmi Eldin dan ceramah agama oleh ustad H. Akhyar Nasution,Lc, MA, benar-benar memberikan nilai bahwa kegiatan Halal Bi Halal sebagai ajang silaturrahmi dan persaudaraan antara legislatif dan eksekutif di kota Medan, lebih-lebih jabatan tangan dan saling maaf memafkan mewarnai kegiatan yang setiap tahunnya dilaksanakan DPRD Medan itu.

Dihadiri Kapolres Belawan, Danlanud Soewondo, Perwakilan Dandim 0201/BS dan Sekwan DPRD Medan Abdul Azis, Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung mengatakan,Halal Bi Halal DPRD Medan ajang meningkatkan Kerjasama Legislatif-
dan eksekutif.

“Kita harapkan Halal Bi Halal DPRD Medan ini menjadi ajang untuk saling meningkatkan kerjasama antara DPRD Kota Medan selaku legislatif dan Pemerintah Kota (Pemko) Medan selaku eksekutif,“ujarnya.

Ketua DPRD Kota Medan ini pun mengharapkan agar Halal Bi Halal dapat dijadikan sebagai momentum yang paling tepat untuk meningkatkan kerjasama antara legislatif dan eksekutif.

“Ini momentum kita untuk saling bermaafan dan meningkatkan kerjasama,” papar Henry Jhon Hutagalung seraya menyampaikan, kritikan dan masukan yang selama ini diberikan oleh DPRD Kota Medan kepada Pemko Medan merupakan bukti kecintaan DPRD Kota Medan kepada Pemko Medan untuk sama-sama membangun Kota Medan metropolitan ini.

“Bila selama ini kami memiliki kesalahan dalam memberikan masukan kepada Pemko Medan mohon dimaafkan,” ujarnya.

Kemudian Ketua DPRD Medan ini menyampaikan, bahwa tahun ini adalah tahun politik yang penuh dinamika yakni pemilu legislatif dan Pilpres 2019. Harapan saya dan kita semua, anggota DPRD yang mencalonkan diri kembali dapat tetap terpilih pada pemilihan umum pemilu legislatif 2019 yang akan datang.

“Saya berharap, kepada 50 anggota DPRD Kota Medan dibawah kepemimpinan saya dapat terpilih kembali pada Pileg 2019,” ujar Henry Jhon.Para anggota DPRD yang berhadir tersenyum-senyum mendengar harapan pimpinan DPRD Medan tersebut.

Kemudian, dihadapan Walikota Medan Djulmi Eldin dan para tamu undangan, Ketua DPRD Medan itu menyebut nama ketiga orang anggota DPRD Kota Medan yang mencalonkan diri untuk maju ke DPR RI.

“Kami para anggota DPRD ini yang mencalonkan kembali, baik untuk tetap disini, DPRD Kota Medan atau ada yang naik ke provinsi dan bahkan ada yang berjuang untuk DPR RI.

Dari sini akan ada tiga yang akan maju ke DPR RI, yaitu Herri Zulkarnain Hutajulu dan Hendrik Halomoan Sitompul serta politisi Golkar, Adlin Umar Tambunan,” kata Henry Jhon disambut tepuk tangan penuh gembira.

Ustadz Akhyar Nasution, LC, MA saat memberikan ceramah agama dalam halal bi halal itu mengingatkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir bahwa tidak akan masuk surga orang yang memutuskan silaturahmi.

“Itu hadits nabi. Makanya, dengan saling memaafkan kita telah menyambung tali silaturahmi,” paparnya.

Diapun mengurakan tentang sejarah dan makna Halal BI Halalyang sudah lazim dilakukan baik di lingkungan desa, kantor ataupun instansi resmi pemerintah. Kegiatan ini biasanya diadakan selang beberapa hari setelah Idul Fitri, berupa kumpul bersama untuk bersilaturrahmi dan saling bermaaf-maafan satu sama lain.

Komentar

BERITA TERKINI