Selasa, 24 Juli 2018

Sambut Rakernas APEKSI XIII,Wali Kota Medan Hadiri Acara Welcome Dinner

MEDAN - Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi menghadiri acara Welcome Dinner yang digelar dalam rangka menyambut pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XIII tahun 2018 di Taman Sekampung Jalan Sei Sesayap, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (24/7). Bersama 98 Wali Kota seluruh Indonesia yang tergabung dalam APEKSI, Wali Kota Medan menikmati Welcome Dinner yang juga diisi dengan hiburan kesenian tradisional.

Jamuan makan malam ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan ucapan selamat datang kepada seluruh Wali Kota yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri Rakernas APEKSI. Dalam acara ini tuan rumah, Pemko Tarakan menghadirkan Tari Iluk Seduhan Tarakan untuk menghibur seluruh Wali Kota yang hadir. Tarian ini berasal dari Suku Tidung selaku penduduk asli bagian utara Pulau Kalimantan. Selain itu penyanyi dangdut asal Ibu Kota juga memeriahkan Welcome Dinner ini.

Wali Kota Tarakan Ir. Sofian Raga M.Si dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Ketua APEKSI Airin Rachmi Diani SH, MH beserta seluruh Wali Kota yang tergabung dalam APEKSI, karena telah mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah Rakernas APEKSI XIII tahun 2018 yang berlangsung mulai 24-28 Juli mendatang.

“Atas nama Pemko Tarakan dan seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih karena telah menunjuk dan mempercayakan Kota Tarakan sebagai tuan rumah pelaksanaan Rakernas APEKSI XIII. Untuk itu kami akan berupaya agar penyelenggaraan Rakernas APEKSI berjalan dengan sukses dan lancar sekaligus menghasilkan keputusan yang bermanfaat,” kata Sofian.

Selanjutnya Sofian pun menggambar secara ringkas tentang Kota Tarakan yang memiliki luas sekitar 258 km2 dengan jumlah penduduk 253.000 jiwa. Diungkapkannya, ada 2 sejarah yang terjadi di Kota Tarakan yang tidak bisa dilupakan setiap warganya. Pertama di tahun 1896, Pemerintah Hindia Belanda sudah datang ke Kota Tarakan untuk mengeksploitasi minyak.

Sedangkan yang kedua sambung Sofan, pecahnya perang dunia kedua tahun 1942, dimana Kota Tarakan menjadi tempat pertempuran sengit antara Belanda, Jepang dan Australia. “Guna mengingatkan warga tentang dua peristiwa penting dan bersejarah ini, kami pun mendirikan dua museum yakni museum perminyakan serta museum perang dunia kedua yang terjadi di Kota Tarakan,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, welcome dinner yang juga dihadiri Ketua APEKSI Airin Rachmi Diani SH MH, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tarakan, para pendamping Wali Kota dari seluruh Indoneia, Sofian pun menegaskan, dirinya beserta seluruh jajaran akan berupaya menjadika Kota Tarakan sebagai kota perdagangan, industry, jasa, perikanan dan pariwisata.

Sementara itu Wali Kota Medan Drs. H. T Dzulmi Eldin S, M.Si yang hadir didampingi sejumlah pimpinan organisasi pimpinan daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, termasuk Kabag Hubungan Kerjasama M Rivai Nasution berharap Rakernas APEKSI kali ini menghasilkan keputusan yang bermanfaat dalam upaya memajukan seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI.

Apalagi ungkap Wali Kota, sebelum Rakernas APEKSI, para Wali Kota telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan tersebut, sejumlah usulan disampaikan kepada Presiden. “Semoga apa yang kita usulkan itu dapat ditindaklanjuti Bapak Presiden, sebab intinya untuk kemajuan seluruh kota,” jelas Eldin.

Di samping itu menurut Wali kota, dalam Rakernas APEKSI ini, seluruh Wali Kota akan membahas tentang permasalahan yang dialami kota serta memberikan masukan kepada pemerintah melalui rekomendasi yang dihasilkan nantinya. Yang lebih penting lagi, melalui Rakernas APEKSI ini terus kita bangun semangat kebersamaan untuk terus membangun dan melakukan inovasi sehingga masing-masing kota menjadi lebih baik lagi ke depannya.(Rendy)

Komentar

BERITA TERKINI