Senin, 15 Oktober 2018

Wali Kota Lantik Sekretaris Daerah Kota Medan


Medan - Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si, melantik Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan di ruang Rapat III, Kantor Wali Kota, Senin (15/10). Pelantikan ini ditandai dengan pengambilan Sumpah Janji jabatan oleh Wali Kota dan pembacaan Fakta Integritas oleh Sekda Kota Medan yang baru Ir. Wiriya Al Rahman, MM.

Sebelum dilantik menjadi Sekda Kota Medan, menggantikan Ir.Syaiful Bahri Lubis, Wiriya Al Rahman sebelumnya menjabat Kepala Bappeda Kota Medan. Hadir dalam Pelantikan Sekda Kota Medan, Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, Wakil Wali Kota Medan, Ir.H Akhyar Nasution, M.Si, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, Unsur Forkominda Kota Medan diantaranya, Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah, Kajari Medan, Dwiharto, SH, Kapolres Belawan, AKBP Ikhwan Lubis dan Pimpinan OPD di lingkungan Kota Medan.

Selain melantik Sekretaris Daerah, Wali Kota Medan juga melantik Pejabat Eselon II, yakni Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang dipercayakan oleh Ir.H. Syaiful Bahri Lubis, M.Si dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H. Isa Ansyari.

Dalam sambutannya Wali Kota Medan mengatakan ada mekanisme baru dalam proses penetapan jabatan Sekda. Dimana merujuk pada UU nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yakni dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi dan kepangkatan. Selain itu juga dilihat dari pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas.

"Jabatan Sekda mempunyai peran yang sangat penting dan memiliki kewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan Dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya. Artinya Sekda merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan Daerah" kata Wali Kota.

Kemudiaan Wali Kota Medan meminta kepada Sekda yang baru dilantik harus menghayati peran dan fungsinya serta harus mampu mengemban seluruh tugas administratif. Selain itu harus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan Penyelenggaraan otonomi daerah serta dapat berkoordinasi secara produktif kepada seluruh instansi.

Selanjutnya kepada Pejabat Eselon II yang baru dilantik yakni Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Wali Kota berpesan agar menjalankan amanah yang dipercayakan dengan baik. Artinya Pejabat Eselon II mengemban tugas-tugas kepentingan umum yang sangat besar dan telah terprogram serta diselaraskan dengan berbagai agenda serta arah kebijakan pembangunan kota.

"Selamat kepada Sekda dan Eselon II yang baru dilantik, kedepannya mari kita menjaga dan memelihara hasil-hasil pembangunan kota yang telah diraih selama ini dengan terus meningkat motivasi dan prestasi kerja. Embanlah tugas ini dengan ikhlas dan tulus", kata Wali Kota.(Rendy)

Komentar

BERITA TERKINI