Senin, 23 Mei 2022

Mobil Dinas UPTJJ Gunungsitoli Digunakan Khusus Mengangkut Tempurung


JARAK PANTAU.CO.ID - Salah seorang honor yang bertugas di dinas Perkim pemerintah kota Gunungsitoli manfaatkan mobil mertua menjadi mobil yang mengangkut tempurung, sekaligus dijadikan sebagai mobil pribadinya.


Mobil dinas Isuzu Panther BB 1043 V adalah aset milik unit pelaksanaan  teknis jalan dan jembatan (UPTJJ) Gunungsitoli yang di gunakan oleh salah seorang pegawai bernama Augustinus Gea, tetapi sangat disayangkan sekali. Mobil dinas tersebut telah diduga telah disalah gunakan oleh Augustinus Gea.


Augustinus Gea yang menjabat selaku kasubag tata usaha dengan (eselon IV) diduga telah menyalahgunakan penggunaan aset milik UPTJJ Gunungsitoli. Mobil dinas plat merah bernomor polisi BB 1043 V diketahui, sudah menjadi plat hitam dan menjadi mobil pribadi dari menantu Augustinus Gea. sementara menantu dari Augustinus Gea bernama Viktor Lase. Keseharian Viktor Lase diketahui sebagai honor di salah satu dinas yang ada di pemerintahan kota gunungsitoli.


Ketua Garda Bela Negara Nasional (GBNN) DPC-Gunungsitoli menyampaikan ke awak media, bahwa dirinya sudah mempertanyakan langsung tentang kebenaran mobil dinas UPTJJ Gunungsitoli ke menantu Augustinus Gea.


“ Kita sudah langsung mempertanyakan mobil dinas milik UPTJJ Gunungsitoli  yang di gunakan Viktor Lase saat di dinas Perkim pemerintah kota Gunungsitoli, pada hari jumat kemarin, mobil dinas yang dibawa Viktor Lase sempat di gunakan untuk mengangkut tempurung, ujar siswanto laoli”.


Tambahnya siswanto laoli, saat itu kita dengan serius mempertanyakan tentang mobil dinas milik UPTJJ Gunungsitoli yang sudah menjadi plat hitam. Viktor Lase memberikan penjelasan, sebelumnya mobil dinas itu berplat merah, tetapi saya tukar menjadi plat hitam, Itu inisiatip saya sendiri. Mobil ini saya gunakan untuk antar jemput mertua yang sedang bertugas di UPTJJ Gunungsitoli.


Buat sementara, dalam keterangan Viktor Lase menurut Siswanto Laoli saat menyampaikan kepada awak media,  mobil dinas yang di pinjam pakaikan ke Augustinus Gea yang tak lain adalah mertua Viktor Lase yang lagi kerja, jadi mobil ini saya bawa ke dinas tarukim, dan masalah pengambilan tempurung hanya secara kebetulan saja sambil menggunakan mobil dinas mertua, karena saya juga bekerja dikantor dinas perkim ini selaku honor, ucap siswanto menirukan suara viktor.


Ketika awak media bersama ketua Garda Bela Negara Nasional (GBNN) DPC-Gunungsitoli mendatangi kantor UPTJJ tempat kerja Augustinus Gea,bertempat di depan pasar beringin, jalan sudirman. Senin 23/5. saat diruangan kerja Augustinus Gea, awak media mengkonfirmasi langsung tentang mobil dinas yang di gunakan menantunya, malah Augustinus Gea berkilah tentang mobil itu.


Dalam penjelasan Augustinus Gea, mobil plat pribadi dengan seri V yang digunakan menantunya memang benar mobil dinas milik UPTJJ Gunungsitoli, menantu saya itu hanya sebagai supir yang membantu saya untuk mengemudi atau antar jemput saya, jelas Augustinus Gea.


“Mobil itu dalam keadaan rusak dan tidak bisa jalan, wajar saja menantu saya membawanya ke kantor dinas Perkim, rusak itu bukan tidak jalan, kacanya dan juga yang lainnya dalam tentu itu juga bagian dari rusak, terang Augustinus dengan tidak jelas dan berbelit-belit”.



Tambahnya lagi, menantu saya menukar plat dinas menjadi plat hitam karena sering ke SPBU saat mengisi minyak, setelah itu menantu saya balik ke tempat kerjanya, karena dia honor di dinas Tarukim. Intinya, menantu saya menggunakan mobil dalam situasi rusak, uangnya yang dia gunakan untuk memperbaiki kerusakan,karena dari kantor tidak ada anggaran, jawabnya Agustinus dengan tidak masuk akal.

Menindaklanjuti konfirmasi kepemilikan mobil, ketua Ormas Garda Bela Negara Nasional mendesak kepala UPTJJ Gunungsitoli  agar mobil dinas bernomor polisi BB 1043 V yang disalahgunakan oleh bawahannya, supaya di tarik kembali dan diinvetaris demi kenyamanan aset milik Negara.


Menanggapi masalah penyalahgunaan penggunaan mobil dinas,saat awak media konfirmasi langsung dengan Rizak Taruna Zega,ST selaku kepala UPTJJ Gunungsitoli. Mengenai penyalahgunaan pemanfaatan aset tersebut merupakan kelalaian saya sebagai pimpinan di UPTJJ Gunungsitoli, dan akan segera saya telusuri kebenarannya melalui pengurus barang di UPTJJ Gunungsitoli, pinta Rizak.


Tambahnya Rizak, sepertinya ini terjadi di saat kepengurusan petugas lama, atas nama Manati Zega. pengurus barang bertugas dan berkoordinasi dibawah kendali kasubag tata usaha (eselon IV) dimaksud Augustinus Gea.


Saat ini kebetulan saya sedang tugas diluar daerah, mungkin sekembalinya dari penugasan akan saya lacak dan perbaiki hal ini sebagaimana seharusnya, setahu saya itu, mobil jenis Isuzu Panther berwarna silver dengan plat merah Nomor belakang seri V tunggal. Maaf, saya tidak hafal nomor platnya. Nanti akan saya cek dulu ke personil yang bertugas akan hal tersebut, demikian dari saya, dan terima kasih atas perhatiannya, ucap Rizak Mengakhiri.(Tim/red)


Komentar

BERITA TERKINI